Mengenal Bisnis Kayu Batam

No Comments

jual kayu di batam kayu Batam merupakan bisnis yang tak kalah menjanjikan jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lain. Selain menghasilkan keuntungan yang besar, bisnis ini juga memerlukan modal yang relatif kecil. Bagi Anda yang hendak menanamkan investasi permodalan serta bersifat aman, maka bisnis kayu Batam dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang berminat serta memiliki semangat tinggi untuk mulai terjun ke dalam dunia bisnis.
Sebelum memulai bisnis yang satu ini, Anda harus mengenal terlebih dahulu beberapa hal agar bisnis kayu Batam tersebut dapat berjalan dengan lancar. Adapun beberapa hal tersebut antara lain:

1. Memilih Kayu Batam yang Berkualitas
Kualitas memang merupakan hal yang terpenting ketika Anda memulai sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis apapun itu. Untuk mendapatkan kayu Batam yang berkualitas, maka alangkah lebih baiknya jika Anda mendatangi langsung para petani pohon kayu. Tak hanya itu, cara lain yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kayu Batam yang berkualitas ialah dengan cara membebaskan lahan kayu milik Perusahaan Umum Perhutani. Lahan tersebut bisa dibebaskan melalui tender tertentu yang sejatinya dimiliki oleh perseroan. Dalam hal memilih kayu Batam yang berkualitas, usahakan jangan sampai membeli kayu kepada broker atau pemborong kayu di hutan. Dengan demikian, Anda sebagai pebisnis dapat dengan bebas memilih jenis kayu Batam berkualitas serta harga yang jauh lebih kompetitif.

2. Menghitung Biaya Pengolahan Kayu Batam
Menghitung biaya pengolahan kayu juga merupakan hal yang tidak bisa dikesampingkan jika ingin meraup keuntungan. Misalnya, jika Anda menemukan kayu berumur 25 tahun ke atas serta memiliki diameter lebih dari 25 cm dan memiliki tingkat lurus 6 meter, maka segera lakukan penawaran untuk membeli kayu tersebut. Kayu jenis ini jika dibeli langsung melalui petani biasanya dibanderol dengan harga Rp.600 ribu untuk jenis kayu mahoni. Berbeda dengan mahoni, jenis kayu jati akan dibanderol lebih mahal yakni sekitar Rp.800 ribu ´┐Ż Rp.1 juta.

Anda dapat memperhitungkan modal dengan pendapatan seperti ini. Jika satu pohon mahoni tersebut dapat menghasilkan kusen sebanyak 16 buah, dan setiap kusen nantinya akan menghasilkan 6 pintu kusen. Jika satu pintu kusennya dihargai sebesar Rp.600 ribu x 6 pintu kusen=Rp.3.6 juta, maka keuntungan bersih yang akan Anda dapat adalah sebesar Rp.2.2 juta. Keuntungan tersebut sudah bersih dan telah dipotong biaya modal tenaga kerja pemotong sebesar Rp.100 ribu, pemikul Rp.100 ribu, gergaji pita Rp.100 ribu, pengerjaan tukang kusen Rp.180 ribu, serta penyewaan mesin dan solar senso Rp.100 ribu. Tak hanya memperoleh keuntungan dari hasil menjual kusen, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kayu-kayu sisa pembuatan kusen yang nantinya bisa dijual menjadi bentuk kayu bakar, dan lain-lain.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *