Kesalahan Fatal Cara Klaim Asuransi Prudential

No Comments

Sebagian orang sering merasa kesulitan dengan Cara Klaim asuransi prudential dan persyaratan yang begitu banyak membutuhkan berkas dokumen. Padahal dengan cara klaim asuransi pemegang polis bisa mendapatkan ganti rugi atas barang yang diasuransikannya. Apabila terjadi keelakaan atau kerusakan. Banyaknya dokumen dan pesyaratan sering kali membuat nasabah kesulitan yang mengakibatkan pengajuan klaim ditolak Namun pihak perusahaanpun tidak akan serta merta melakukan penolakan jika semua persyaratan dan cara klaim asuransi sesuai prosedur.
Adapun penyebab pengajuan klaim asuransi ditolak :

1. Polis yang diajukan dalam status tidak aktif
Polis yang tidak aktif atau biasa disebut lapse biasanya disebabkan oleh pemegang polis yang tidak membayar premi, atau premi dalam masa tenggang , biasanya masa tenggang polis yang tidak dibayar adalah selama 45 hari, namun jika pengajuan klaim asuansi melebihi dari waktu tersebut maka perusahaan asuransi tidak bisa menerima pengajuan klaim, maka dari itu kita harus memperhatikan prosdur dan cara klaim asuransi dengan benar.

2. Klaim asuransi tidak termasuk dalam klausul
Dalam cara klaim asuransi yang harus diperhatikan diantaranya, yaitu dengan memahami ketentuan yang ada dalam asuransi kita. Pada umumnya, saat kita akan mendaftarkan barang berharga kita pada perusahaan asuransi, kita akan diminta menyetujui beberapa kesepakatan dalam polis asuransi , yang didalamnya terdapat berbagai kriteria yang termasuk ataupun tidak termasuk dalam tanggungan asuransi.
Contohnya, apabila kerusakan kendaraan yang disuransikan tidak sesuai kriteria dalam kesepakatan biasanya pihak asuransi tidak akan menerima pengajuan klaim asuransi maka pengajuan otomatis ditolak.

3. Klaim asuransi melebihi batas waktu
Dalam asuransi biasanya terdapat ketentuan ketentuan batas waktu untuk pengajuan klaim asuransi yang telah disepakati sebelumnya. Jika pengajuan klaim asuransi melewati batas waktu yang sudah ditentukan, maka klaim asuransi tidak akan diterima oleh pihak perusahaan asuransi.

4. Berkas dokumen pengajuan klaim asuransi tidak sesuai atau tidak komplit
Dalam hal ini nasabah dituntut mengikuti cara klaim asuransi dan prosedur pemberkasan dokumen yang telah ditentukan. Misalnya kita akan mengajukan klaim asuransi mobil, maka kita harus mengumpulkan semua persyaratan yang diperlukan secara lengkap demi menunjang pengajuan klaim asuransi.


5. Polis dalam status masa tunggu Waiting Period
Dalam berbagai jenis asuransi biasanya memiliki cara klaim asuransi dan kebijaka kebijakan tertentu perihal masa tunggu. pemegang polis atau nasabah asuransi tidak bisa mengajukan klaim asurnsi dalam jangka aktu tertentu selama masa tunggu. untuk asuransi kesehatan, jika sakit dalam keadaan kritis akan ada rentan waktu 30 hari sampai 365 hari untuk dapat mengajukan klaim.

6. Menyembunyikan penyakit saat membeli polis
Jika pemegang polis terbukti telah mengidap penyakit dalam waktu yang lama sebelum membeli polis, oleh karena itu pngajuan klaim asuransi tidak akan diterima meskipun waiting period telah terlewati.

7. Cara Klaim Asuransi asuransi tidak akan diterima apabila kerusakan atau kecelakaan yang terjadi bukan murni kecelakaan atau karena melanggar hukum. Contohnya pemegang polis asuransi mobil yang mengalami kerusakan mobil parah karena balapan liar atau mengemudi dalam keadaan dalam pengaruh minuman keras.

8. Tempat kejadian perisiwa tidak termasuk dalam cakupan wilayah layanan asuransi
sebaiknya sebelum mengajukan klaim asuransi kita memahami ketentuan yang telah disepakati dengan pihak asuransi. jika dalam klausul mengecualikan atau membatasi wilayah layanan sasuransinya maka jika nasabah menglami kecelakaan kendaraan bkan dalam wilayah cakupan layanan asuransi makan pengajuan klaim asuransi tidak akan diterima.

Pastikan kita memahami cara klaim asuransi dan prosedur kesepakatan yang telah ditentukan pihak asuransi dan melakukan pembayaran premi secara berkala, sehingga memudhkan kita dalam melakukan pengajuan klaim asuransi jika sewaktu waktu terjadi kecelkaan atau hal yang tidak diingnkan yang termasuk dalam klausal asuransi anda, agar dapat dengan mudah di terima oleh pihak asuransi .

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *